Rabu, 19 November 2014

Undangan Pernikahan

Tips untuk kamu yang menginginkan undangan dengan budget sedikit :
  1. Minimalkan penggunaan halaman dalam undangan, untuk menimalkan kertas
  2. Hindari penggunaan karlir, harga 1 lbr kalkir Rp. 500
  3. Pakai amplop setengah (tidak full)
  4. Hindari penggunaan banyak warna
Berikut beberapa tempat pembuatan undangan yang aku datangi diantaranya :
  1. Pasar tebet, merupakan salah satu pusat pembuatan undangan pernikahan. Banyak toko pembuatan undangan berjajar di lantar dasar pasar, ada toko yang ber ac, ada juga toko yang hanya petak2 sempit tanpa ac. Mereka memiliki contoh - contoh undangan, kita bisa memesan dengan bentuk yg sudah ada atau design baru.
  2. Arif Jaya Printing ( Jl. Kampung Melayu Kecil II No. 1A Rt. 002/010 Jaksel 12840, Telp 021-83791445), selain toko disini juga merupakan workshop percetakan undangan.
Setelah banyak pertimbangan aku memutuskan untuk membuat undangan di Arif Jaya Printing.
Rp. 5.500/ pcs untuk pemesanan 500 undangan dengan rincian sbb:
1. Karton tebal (P 22cm X L 17cm)
2. Embos dihalaman muka
3. Amplop full
4. Kalkir bergambar wayang di lembar depan

Waktu pengerjaan pembuatan undangan di Arif Jaya Printing 1 bulan, dengan proses sbb:
  1. DP 50 %
  2. Penentuan design, biasanya pada saat ini yang memakan waktu lama karena kita pasti dilanda galau..hihihi..Aku menggunakan design yang sudah ada contohnya disana, karena untuk menghemat waktu dan menghindari hasil yang kurang sesuai.
  3. Pembuatan desing dummy, undangan di buat dengan kertas hvs dituliskan seluruh keterangan kita ( nama, tempat resepsi dan akad, tanggal, dll )
  4. Revisi dummy, kita harus melakukan pengecekan dengan teliti , karena semua keterangan yang tertulis di dummy ini yang akan di cetak ke undangan.
  5. Proses cetak.
Aku punya pengalaman yang kurang menyenangkan, pihak Arif jaya printing salah menulis hari di Amplop undangan. yang seharusnya di tulis "Minggu 28 September 2014" menjadi "Sabtu 28 September 2014". 
Kesalahan ini cukup fatal karena letak tanggal dan hari ada di halaman amplop paling depan, Aku mengakui disini ada juga kelalaianku yang kurang teliti untuk mengecek dummy yang mengakibatkan kesalahan dalam pencetakan.
Alhamdulillah pihak Arif Jaya Printing bersedia memberikan jalan keluar, karena ini juga merupakan ketidaktelitian dari pihaknya juga saat membuat dummy. Kesalahan itu disiasati dengan menutup kesalahan tulisan itu dengan karton emas, lalu ditulis lagi dengan tulisan "Minggu, 28 September 2014". Hasilnya jadi lebih bagus dan mewah, meskipun aku dikenakan biaya Rp. 100.000 untuk perbaikan itu..huhuhuhuh..yasudahlah..

1. Tampilan depan Undangan dan Amplop full








 2. Kalkir di halaman pertama


3.  Halaman Nama dan Tanggal



Note :
Periksa dengan teliti isi tulisaan pada "Dummy Undangan " sebelum naik cetak, jangan percaya 100% dengan pihak percetakan.




Jakarta 20 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar